BERITA ALL SPORT >> BULU TANGKIS
Tontowi/Liliyana Berpeluang di Kejuaraan Dunia
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir belum pernah raih gelar juara dunia.

Rabu, 24 Juli 2013 13:13 WIB
Cekskor.com- Pasangan ganda campuran terkuat Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berpeluang besar meraih sukses di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013 di Guangzhao, Cina, 5-11 Agustus mendatang.

Pelatih kepala ganda campuran Richard Mainaky menilai Tontowi/Liliyana yang menempati unggulan ketiga punya peluang hingga ke partai puncak, bahkan meraih gelar juara.

"Saya lihat hasil undian Tontowi/Liliyana cukup menguntungkan. Lawan-lawan yang kerap menyulitkan ada di pool atas, seperti Nielsen/Pedersen dari Denmark,” ujar Richard Mainaky.

Dari hasil undian yang dikeluarkan BWF, dua musuh bebuyutan Tontowi/Liliyana berada di pool yang berbeda. Pasangan Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark) dan Xu Chen/Ma Jin asal Cina berada di pool atas dan diperkirakan tidak akan bertemu Tontowi/Liliyana sebelum babak semifinal. Rekor pertemuan Tontowi/Liliyana atas kedua pasangan tersebut memang bisa dibilang kurang bagus.
 
Tontowi/Liliyana sudah tiga kali dikalahkan oleh Fischer/Nielsen, termasuk di hadapan publik Istora Senayan pada ajang Djarum Indonesia Open Superseries Premier 2013 lalu. Rekor pertemuan diungguli Fischer/Nielsen dengan skor 3-1.
 
Sementara melawan Xu/Ma, Tontowi/Liliyana tercatat sudah enam kali menyerah di tangan pasangan rangking satu dunia tersebut. Meski kalah dengan skor pertemuan 3-6, Tontowi/Liliyana mampu meraih kemenangan pada pertemuan terakhir di Piala Sudirman 2013 lalu.

Selain Tontowi/Liliyana, Indonesia juga meloloskan tiga pasangan ganda campuran lainnya Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati, Muhamad Rija/Debby Susanto, serta Ricky Widianto/Richi Puspita Dili. Keempat pasangan Indonesia tersebut mendapat kemenangan bye di babak pertama.

“Hasil undian di ganda campuran tidaklah seberat tunggal putra. Apalagi Tontowi/Liliyana sudah bisa tampil stabil di event-event besar,” tambah Rexy Mainaky, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI. (CS/yadi)

Berita Terkait