BERITA ALL SPORT >> BULU TANGKIS
Alan & Susy Kembali Gelar Astec Open
Alan Budikusuma & Susy Susanti tanggung jawab moral terhadap bulutangkis Indonesia.

Kamis, 29 Agustus 2013 08:03 WIB
Cekskor.com- Mantan ratu bulutangkis Indonesia, Susy Susanti kembali menggelar turnamen bulu tangkis Prima Astec Open 2013 yang akan digelar di GOR Bulutangkis Asia Afrika, Jakarta, 1-7 September 2013.

Menurut rencana, turnamen yang sudah digelar untuk kesembilan kalinya ini akan diikuti sedikitnya 1.300 pemain yang datang dari 15 provinsi.

Kompetisi ini akan mempertandingkan 1.146 pertandingkan dari lima kategori usia anak-anak, pemula, remaja, taruna, dan dewasa. Selain pemain dari Indonesia dan Pelatnas, pemain dari Vietnam dan Prancis juga turut bertarung untuk memperebutkan hadiah total Rp 200 juta ini.

"Target Astec Open ini untuk pembinaan. Saya memang pemain tunggal tetapi turnamen ini tidak hanya untuk sektor tunggal saja, melainkan semua sektor. Dengan semakin banyak peserta, semakin menjaring dan lebih memantau bibit potensial," kata Susy.

Susy bersama suaminya Alan Budikusuma merupakan pasangan Emas Olimpiade Barcelona 1992 yang legendaris. Mereka memprakarsai Astec Open sejak tahun 2005 untuk membantu PBSI membina dan menjaring bibit unggul yang nantinya bisa menjadi penerus.

Kejuaraan yang sudah masuk kalender turnamen PBSI ini diharapkan Susy akan masuk kalender Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Rencananya, Susy ingin merambah dari level Federasi Bulu Tangkis Asia terlebih dahulu.

"Harapan saya kualitas pertandingan akan terus meningkat. Ini sudah masuk kalender PBSI, semoga bisa masuk kalender BWF nantinya, " ujar Susy.

Alan menambahkan, ia dan istrinya berencana menggelar pra turnamen di beberapa provinsi. Sehingga, pemenang dari turnamen tersebut bisa mengikuti turnamen puncak di Jakarta secara gratis guna meringankan beban dana peserta.

"Kami ingin membina bulu tangkis Indonesia secara berkesinambungan. Jangan sampai kejayaan bulutangkis Indonesia hilang. Semoga kejuaraan ini terus lebih baik dan bisa lebih mendunia. Kita mau mulai dari Asia Tenggara dulu," kata Alan.

Astec sendiri merupakan produk perangkat olahraga bulu tangkis yang diproduksi oleh Alan dan Susy. Astec adalah kependekan dari Alan Susy Technology. (CS/yadi)



Berita Terkait